Senin, 11 Oktober 2010

Hadiah Natal Unik dari Tahi Keledai


Hadirnya natal bagi sebagian orang juga menjadi tradisi untuk saling memberikan hadiah kepada anggota keluarga ataupun partner.Selain pohon terang, kado menjadi bagian penting dari tradisi Natal yang akan tiba besok. Karena itu, tidak salah jika Menachem Goldberg semakin serius menekuni bisnis hadiah Natal uniknya setahun terakhir. Yakni, tahi keledai yang diabadikan dalam plastik tebal tembus pandang.

”Ini sangat sangat istimewa. Bisa menjadi kado yang menyenangkan untuk Natal atau Hanukkah,” . Demi menekuni bisnis baru yang dia yakini lebih menjanjikan, pria 36 tahun itu pun rela meninggalkan profesi lamanya sebagai pemandu wisata. Tapi, lokasi kerjanya masih tetap sama, di tempat ziarah Kfar Kedem.

Bermula dari celetukan seorang teman beberapa tahun lalu, Goldberg kini menjelma menjadi pengusaha cinderamata. ”Seorang teman dari Kementerian Pariwisata pernah berkata, jika saya ingin kaya, sebaiknya saya menjadikannya (tahi keledai) suvenir bertuliskan Holy Shit from the Holy Land (kotoran suci dari tanah suci),” kisah Goldberg. Celetukan itu lantas ditanggapi serius dan diolah menjadi sumber mata pencaharian.

Kini, suvenir istimewa kreasi Goldberg itu dijajakan di Kfar Kedem, salah satu titik pemberhentian turis dalam rangkaian ziarah ke Galilea dekat Nazareth. Pria yang selama enam tahun memandu para peziarah di situs kuno itu juga mendampingi turis dalam melakukan sejumlah ritual di kawasan itu. Termasuk, aktivitas berkeledai. Dari keledai-keledai di Kfar Kedem itulah Goldberg memproduksi suvenirnya sekarang.

Tapi, Goldberg tidak menuliskan kata-kata yang disarankan sang teman dalam cinderamata uniknya. Sebagai ganti Holy Shit from the Holy Land, dia mencantumkan ungkapan Yahudi Talmud tentang perdebatan dua rabi yang mempersoalkan kedatangan mesias. Bunyi ungkapan itu May I be worthy to sit in the shadow of his donkey’s dung (Semoga saya layak duduk di bayangan kotoran keledai-Nya).

Untuk mengawali bisnis barunya, Goldberg menawarkan sekitar 50 cinderamata tahi keledai di Kfar Kedem. Harga satuan kado Natal spesial ala Goldberg itu USD 70 (sekitar Rp 765 ribu). Jika penjualan terus meningkat, Goldberg bakal meningkatkan produksinya. Menurut rencana, dia juga bakal menawarkan suvenir kotoran keledai itu lewat situs E-Bay. ”Belum pernah ada seorang pun di dunia yang punya bisnis seperti ini,” tandasnya. (hep/ami)



Sumber :
http://www.jpnn.com
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih dalam daftar Hadiah Natal Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar