Senin, 18 Oktober 2010

Kreatif Menghias Kue Natal

Chef Aan (kiri) sedang memberikan pengarahan cara menghias "Bouche de Noel".

Bulan Desember sebentar lagi, ini berarti tugas Anda untuk mempersiapkan menu-menu spesial untuk pesta Natal. Beberapa toko kue pastinya sudah mengeluarkan beberapa koleksi kue natal. Bagaimana bila Anda mempersiapkan sendiri kue Natal Anda?

Baru-baru ini, Hotel Ritz- Carlton Pacific Place Jakarta, memberi pelatihan singkat cara menghias kue natal. Kue natal yang dihias adalah Bouche de Noel. Bouche sebetulnya merupakan sebutan untuk makanan yang menyenangkan, atau yang sekali gigit, bikin penikmatnya kesenangan akan kelezatan yang diberikan. Bouche ini, ada banyak jenis, bergantung pada pilihan koki penyaji.


Kebetulan, di hotel yang terletak di kawasan pusat bisnis Jakarta itu, koki pastry, yakni Aan, memilih sponge cake cokelat sebagai bouche. Sponge cake cokelat ini dibikin secara tipis, untuk kemudian dilapisi adonan cokelat mouse dan diberi ceri hitam, setelah sebelumnya, cake diperciki larutan gula yang dicampur rum atau brandy untuk menambah 'tajam' rasa. Perlahan, cake digulung sehingga bentuknya menyerupai log atau balok kayu, untuk kemudian dihias. Log cake, memang identik dengan kue natal karena melambangkan pohon, yakni sebuah kehidupan.


Menurut chef Aan, log cake ini bisa beradonan dasar sponge cake atau bolu gulung. Semuanya terserah selera. Hiasan yang bisa diberikan untuk kue ini, antara lain whipped icing sugar, untuk olesan. Kemudian hiasan boneka salju, daun cemara, lonceng, dan sebagainya yang terbuat dari marzipan, gula dan cokelat. Hiasan yang dipilih semuanya juga terserah selera. Yang dipentingkan di sini adalah kreasi menyiapkan kue natal untuk keluarga, atau bisa juga untuk sahabat dan relasi Anda.


Sumber :
http://www.suarapembaruan.com
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih dalam daftar Hadiah Natal Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar